Beranda » Teknologi » Perbedaan Bluetooth dan WiFi

Perbedaan Bluetooth dan WiFi

Bluetooth dan Wi-fi adalah fasilitas pengirim dan penerima data melalui sinyal radio dan berbasis pada teknologi komunikasi nirkabel . Perbedaan Bluetooth dan WiFi adalah bahwa bluetooth bukan perangkat khusus internet, artinya pengoperasiannya tidak memerlukan konektivitas internet. Sebaliknya, wi-fi adalah perangkat yang beroperasi dengan konektivitas internet, lebih sederhananya, wi-fi memungkinkan konektivitas online ke perangkat yang tidak memilikinya.

Pada umumnya banyak orang menganggap kedua istilah itu serupa. Namun, keduanya sama sekali berbeda dan terutama dibedakan pada faktor-faktor seperti tujuan penggunaan, perancangan, layanan yang ditawarkan, dll.

Perbedaan Bluetooth dan WiFi

Tentang Gelombang/sinyal Radio

Gelombang radio merupakan bagian dari pancaran elektromagnetik yang bekerja di antara frekuensi 3 kHz sampai 300 GHz. Sinyal gelombang radio merambat melalui udara dan dianggap sebagai sinyal komunikasi.

Tabel Perbedaan Bluetooth dan WiFi

Dasar PerbedaanBluetoothWifi
DasarIni adalah perangkat jarak pendek di mana informasi dibagikanIni adalah perangkat yang menghubungkan berbagai perangkat jaringan dengan internet berkecepatan tinggi.
Rentang frekuensi operasi2,4 GHz – 2,483 GHz2,4 GHz – 5 GHz
Dukungan multi-penggunaKurangRelatif lebih banyak
Kecepatan200 ms150 ms
Komponen utamaChip/adaptor pada semua perangkat yang dapat dihubungkan.Adaptor nirkabel pada setiap perangkat yang dapat dihubungkan dan router nirkabel.
KonektivitasSederhanaKompleks
BandwidthRendahRelatif tinggi
Jarak10 m100 m
KeamananLebihKurang
DayaRendahTinggi
HargaRendahRelatif mahal
Teknik modulasiTombol Pergeseran Frekuensi Gaussian.Multiplexing Divisi Frekuensi Ortogonal dan Modulasi Amplitudo Kuadrat.
PenggunaanKoneksi antara komputer dan perangkat periferal seperti mouse, headset,Koneksi antara router dan gadget seperti kamera, konsol game, dll.

Definisi Bluetooth

Bluetooth adalah teknik komunikasi sinyal radio berbasis teknologi nirkabel yang sesuai dengan koneksi jaringan area pribadi. Pada dasarnya digunakan untuk menghubungkan perangkat elektronik seperti komputer, telepon ke periferal seperti keyboard atau headphone, dll hingga jarak pendek.

Baca Juga :  Uji Kecepatan Internet

Pada tahun 1994 diusulkan oleh King Harald Bluetooth Gormsson digunakan untuk tujuan seperti transfer file dan kontrol perangkat. Ini adalah jenis jaringan ad hoc yang menawarkan pengoperasian dalam ruangan kecil.

Faktor-faktor yang membuat Bluetooth diterima secara global adalah :

  • Tanpa menggunakan kabel atau kabel, koneksi dapat dibuat antara perangkat bergerak dan tidak bergerak.
  • Jaringan ad hoc menawarkan operasi yang disinkronkan.
  • Data, serta sinyal suara, dapat ditransmisikan.

Bluetooth dianggap sebagai standar dinamis di mana perangkat yang diaktifkan secara otomatis menemukan satu sama lain dan koneksi di antara keduanya dibuat. Kemudian lebih lanjut secara ad hoc, operasi yang diperlukan dilakukan. Ini adalah standar yang awalnya diusulkan oleh Ericsson dan karenanya memiliki operasi dua tingkat.

  • Pertama, pada level fisik, dibuat kesepakatan antara perangkat yang akan dihubungkan.
  • Selanjutnya, perangkat membuat kesepakatan tentang bit yang akan dikirim seperti waktu, bit rate, keaslian relatif terhadap data yang diterima bahwa itu adalah yang sebenarnya dikirim.
Baca Juga :  Memori Kuantum Nano Optik Pertama

Bluetooth menggunakan frekuensi hopping sehingga koneksi yang tepat antara pemancar dan penerima dapat dibuat dan tidak ada gangguan eksternal yang dapat menyebabkan halangan.

Definisi Wi-fi

Wi-fi juga merupakan teknologi nirkabel yang mirip dengan bluetooth tetapi menawarkan layanan yang berbeda dengan bluetooth. Ini adalah standar IEEE802.11 yang dianggap sebagai pengganti nirkabel untuk konektivitas internet kabel.

Pada dasarnya, koneksi wi-fi digunakan untuk jaringan berbagai perangkat yang dihubungkan melalui internet. Titik akses nirkabel yaitu, unit wifi berkomunikasi melalui perangkat dalam jaringan melalui gelombang radio.

Komponen utamanya adalah adaptor nirkabel dan router. Titik akses nirkabel (yaitu, transceiver LAN nirkabel) menggunakan bandwidth router, beberapa perangkat dapat ditambahkan yang berada dalam jarak dekat.

Istilah wifi diberikan oleh sebuah perusahaan yang satu-satunya tujuan di balik nama seperti itu adalah harus ramah pengguna. Jadi, di sini data dari router ditransmisikan ke perangkat berkemampuan wi-fi seperti smartphone. Komunikasi udara ini membuat informasi cukup rentan dari peretas ketika terhubung ke jaringan wi-fi publik.

Perbedaan Bluetooth dan WiFi

  • Bluetooth dan Wi-fi melayani tujuan yang berbeda ketika membentuk koneksi dengan berbagai perangkat. Bluetooth digunakan untuk membuat koneksi nirkabel yang akan memberikan pertukaran informasi antara perangkat yang terhubung.
  • Wi-fi membuat koneksi nirkabel antara perangkat yang memiliki akses internet ke perangkat yang tidak memiliki konektivitas internet sendiri.
  • Jangkauan koneksi bluetooth umumnya 10 meter sedangkan wi-fi relatif lebih tinggi yaitu hampir sekitar 100 meter.
  • Konektivitas Wi-fi menawarkan sejumlah besar pengguna untuk terhubung dibandingkan dengan bluetooth.
  • Ada berbagai versi bluetooth yang muncul dengan munculnya teknologi dan setiap versi yang disempurnakan telah memberikan kecepatan transfer data yang lebih baik . Untuk bluetooth kecepatan transfer data berkisar antara 1 hingga 125 Mbps. Namun, tetap saja, kecepatan transfer data wi-fi lebih baik karena sekitar 250 Mbps.
  • Daya yang dibutuhkan wi-fi relatif lebih dari bluetooth karena jarak konektivitas wi-fi lebihjauh dalam transfer data.
  • Dalam hal keamanan , konektivitas bluetooth hanya terkait dengan pemasangan dan juga tidak banyak terlibat dalam jaringan berbasis publik karena dirancang untuk beroperasi dalam jaringan area pribadi. Dengan demikian bluetooth lebih aman daripada wi-fi.
  • Wi-fi digunakan untuk jaringan area publik maka masalah resiko keamanan lebih tinggi / lebih rentan diretas. Tetapi versi terbaru dari wi-fi telah menyediakan koneksi yang lebih aman dengan layanan seperti privasi setara nirkabel dan akses yang dilindungi wi-fi.
  • Konektivitas bluetooth cukup sederhana karena melibatkan proses pencocokan kunci (pemasangan) sedangkan konektivitas wi-fi relatif kompleks karena melibatkan pencocokan kata sandi keamanan.
  • Rentang frekuensi operasi adalah 2,4 hingga 2,483 GHz dalam hal bluetooth tetapi hal yang sama terletak antara 2,4 hingga 5 GHz dalam hal wi-fi.
  • Konektivitas bluetooth, terutama diperlukan chip atau adaptor pada setiap perangkat individual yang harus terhubung. Sebaliknya, bersama dengan adaptor pada masing-masing perangkat, router nirkabel juga diperlukan untuk membentuk koneksi.
  • Jumlah data yang dikonsumsi dalam konektivitas bluetooth adalah nol karena di sini tidak diperlukan konektivitas internet. Namun, dalam hal konektivitas wi-fi juga, data perangkat yang terhubung juga tidak digunakan, karena perangkat wi-fi menyediakan datanya sendiri ke perangkat dalam jaringan.
Baca Juga :  Tentang satelit iridium

Kesimpulan

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Perbedaan Bluetooth dan WiFi yaitu wifi digunakan untuk menjalin koneksi antar perangkat yang membutuhkan akses internet untuk pertukaran informasi. Sedangkan koneksi bluetooth terbentuk antara perangkat periferal dan unit utama. Oleh karena itu, kedua layanan ini saling melengkapi karena setiap perangkat elektronik yang menggunakan kedua layanan ini dikenal efisien.

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.