Pesona Penangkaran Buaya Tritip Kalimantan Timur

Diposting pada

Wisata Penangkaran Buaya Tritip

Penangkaran Buaya Tritip terletak sekitar 30 menit dari pusat kota Balikpapan atau kurang lebih 27 KM kearah Timur dari kota Balikpapan tepatnya di Kelurahan Tritip Balikpapan Timur Kalimantan Timur, ada sebuah penangkaran buaya (Tritip Crocodile Farm). Yang memiliki banyak jenis koleksi buaya antara lain:

  1. Buaya Muara (Crocodylus porosus)
  2. Buaya Supit ( Tomistoma scheillius)
  3. Buaya air tawar ( Crocodylus siamlisus).
Bilik - bilik penangkaran buaya Tritip
Bilik – bilik penangkaran buaya Tritip
Di dalam penangkaran buaya Tritip sendiri terbagi beberapa kapling yang di sesuaikan jenis dan umur, untuk jenis sudah saya sebutkan di atas dan semua buaya memiliki ciri khas masing masing.
Misalnya untuk jenis buaya muara perawakannya lebih besar dari buaya air tawar, panjangnya bisa mencapai 10 meter tergantung dari jenis kelamin-nya.
Jenis kelamin dapat di lihat dari bentung rahangnya, buaya yang berahang besar dankokoh biasanya berjenis kelamin jantan dan buaya yang berahang lancip biasanya berjenis kelamin betina.
Buaya air tawar di Penangkaran Buaya Tritip
Buaya air tawar di Penangkaran Buaya Tritip
Pembagian kapling menurut umur terdiri dari : anak anak, remaja dan dewasa. Buaya umur Dewasa bisa mencapai usia 25 tahun. Dan mampu bertelur 30 sampai 70 butir sekali bertelur, dalam waktu 6 bulan sekali masa bertelur.
Tritip Crocodile Farm adalah penangkaran buaya untuk bisnis yang di kelola oleh CV. Surya Raya jadi jika usia buaya sudah mencapai umur 3 tahun langsung di bunuh. Dan sengaja di ambil kulit , daging, dan beberapa bagian tubuh yang lain yang bisa di gunakan untuk cendera mata.
Selain buaya di area ini juga ada beberapa jenis binatang lain antara lain Ular Piton, Monyet, dan Luwak. Dan tidak ketinggalan Gajah, meskipun waktu kesana masih berusia muda , jadi masih bertubuh kecil kecil.
Buaya buaya dipisahkan sesuai usia
Buaya buaya dipisahkan sesuai usia
Dengan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,00 per orang kita bisa keliling sampai puas melihat lihat berbagai macam jenis buaya di penangkaran buaya Tritip, bahkan bisa melihat proses pembuatan cendera mata dari bahan buaya secara langsung.
Fasilitas wisata ini juga cukup memadai , bisa di lihat dari ketersediaannya fasilitas umum seperti tempat parkir yang lumayan luas, toilet/ WC, dan warung- warung penjual makanan serta cinderamata.
Untuk cenderamata sendiri bisa di beli langsung di sana, antara lain dompet kulit buaya, tas kulit buaya, sabuk kulit buaya bahkan makanan – makanan dengan bahan dari buaya misalnya sate buaya, kerupuk buaya dll.
Selain buaya ada juga gajah
Selain buaya ada juga gajah
Jika ingin merasakan khasiat dari tangkur buaya bisa langsung beli tangkurnya atau sekedar minum rendaman minuman tangkur buaya di tempat dengan harga yang relatif terjangkau.Yang konon khabarnya dapat meningkatkan vitalitas.
Itulah perjalanan saya ke Penangkaran Buaya Tritip , ikuti kisah perjalanan saya yang lain.

Loading...
loading...
Baca Juga :  Pesona Pantai Lasiana
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

3 thoughts on “Pesona Penangkaran Buaya Tritip Kalimantan Timur

  1. Ndak cuman buaya aja, cuman memang namanya Crocodile Farm lebih di prioritaskan untuk pembudidayaan buaya, ada gajah, monyet, dan hewan hewan lain. Mungkin hanya sebagai pengaya ajah. Thanks komentnya di blog saya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.