Beranda » Mekanik » Spesifikasi Pipa Boiler

Spesifikasi Pipa Boiler

Pipa boiler menggunakan pipa untuk tekanan sedang dan tekanan tinggi, dibuat dengan prosedur yang mulus, pipa baja dengan tanpa pengelasan.

Jenis pipa ini banyak digunakan pada instalasi pemipaan dan tabung heat exchanger, boiler bertekanan tinggi, economizer, pemanas, pipa industri petrokimia, dll.

Bahan dan Standar Pipa Boiler

Standar dan material untuk pipa baja tersedia pada material carbon, alloy, dan stainless steel.

Baja Karbon

  • ASTM / ASME A / SA 106,
  • ASTM A179,
  • ASTM A192,
  • ASTM / ASME A / SA 210,
  • ASTM A333 Gr 1, 6,7 hingga Gr 9,

Baja Paduan

  • ASTM / ASME A / SA 213 T1, T2 , T5, T9, T11, T12, T22, T91, T92,
  • ASTM A335 P1, P2, P5, P9, P11, P12, P22, P91, P92

Baja Tahan Karat

  • ASTM A268,
  • ASTM A213,
  • TP304 / L,
  • TP316 / L,
  • 310S,
  • 309S,
  • 317,
  • 317L,
  • 321,
  • 321H, dan
  • Baja tahan karat material dupleks dll.

Ukuran Umum

  • OD dari 6mm hingga 1240mm,
  • Ketebalan dari 1mm hingga 50mm

Jenis

  • Pipa lurus, dan
  • Pipa baja boiler U untuk heat exchanger.

Standar-standar ini menentukan klasifikasi, ukuran, bentuk, berat dan penyimpangan yang diizinkan, persyaratan teknis, inspeksi dan pengujian, pengemasan, penandaan, dan sertifikat kualitas tabung baja seamless untuk boiler.

Pipa Boiler

Ukuran Pipa

Kisaran ukuran pipa memenuhi standar ASTM berbeda. Seperti ASTM A106 atau ASTM 179, 192 dll.

Baca Juga :  Pengetahuan dasar tentang tekanan statik / pressure static

Tetapi sebagian besar ukuran pipa kecil, diameter luar biasanya kurang dari 1 1/2 “(1/4”, 1/2 “, 3/4”, 1 “dan 1 1/2”). Kemudian 2 “, 2 1/2”, 3 “dan maksimum hingga 4”.

Perbedaan Pipa Tekanan Sedang dan Tinggi

Berdasarkan suhu kerja yang berbeda, pipa bertekanan sedang atau tinggi harus digunakan.

Biasanya diklasifikasikan sebagai kasus di bawah ini:

  1. Suhu operasi pipa umum lebih rendah dari 450 ℃. Pipa tekanan menengah terutama tergantung proses.
  2. Pipa bertekanan tinggi sering digunakan pada kondisi suhu dan tekanan tinggi. Di bawah aksi gas buang dan uap suhu tinggi, pipa akan terjadi oksidasi dan korosi. Diperlukan pipa bertekanan tinggi yang memiliki kekuatan tahan lama, ketahanan korosi oksidasi tinggi, dan stabilitas jaringan yang baik.

Metode Pembuatan Pipa Boiler

Metode pembuatan pipa baja boiler bertekanan sedang dan tinggi sama dengan pipa baja seamless, tetapi ada beberapa proses manufaktur utama yang harus diperhatikan.

Metode Perlakuan Panas

Perlakuan panas merupakan suatu metode untuk mengubah sifat fisik pipa bertekanan tinggi dengan pemanasan dan pendinginan. Perlakuan panas dapat memperbaiki struktur mikro pipa bertekanan tinggi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan fisik yang dibutuhkan.

Baca Juga :  Jenis Stainless Steel 304

Ketangguhan, kekerasan dan ketahanan aus diperoleh dengan perlakuan panas. Untuk mendapatkan karakteristik tersebut maka perlu dilakukan quenching, annealing, tempering dan surface hardening.

Pendinginan Pipa Boiler

Pengerasan, juga disebut quenching, adalah pipa bertekanan tinggi dipanaskan secara merata ke suhu yang sesuai, kemudian dengan cepat direndam dalam air atau minyak untuk pendinginan cepat, dan pendinginan di udara atau di zona beku. Sehingga pipa bertekanan tinggi dapat memperoleh kekerasan yang dibutuhkan.

Tempering

Pipa boiler bertekanan tinggi akan menjadi rapuh setelah pengerasan. Dan tekanan yang diakibatkan quenching dapat membuat pipa boiler bertekanan tinggi sadap dan putus.

Metode tempering dapat digunakan untuk menghilangkan kerapuhan. Meskipun kekerasan pipa boiler bertekanan tinggi dikurangi menjadi lebih ringan, tetapi ketangguhannya dapat ditingkatkan untuk mengurangi kerapuhan.

Anil

Anil / Annealing adalah metode untuk menghilangkan tekanan internal pipa boiler bertekanan tinggi. Metode anil adalah bagian baja perlu dipanaskan sampai suhu kritis, kemudian dimasukkan ke dalam abu kering, kapur, asbes atau ditutup di dalam tungku, kemudian didinginkan secara perlahan.

Metode Dasar Penghilangan Karat

Pembersihan Pipa Boiler

Menggunakan pelarut dan emulsi untuk membersihkan permukaan pipa boiler bertekanan tinggi, untuk mencapai tujuan menghilangkan minyak, gemuk, debu, pelumas, dan bahan organik serupa.

Baca Juga :  Memahami Metode Cara Pemasangan PlumbingInstalasi Air Bersih

Tapi tidak bisa menghilangkan debu, kulit oksida, obat las dan sebagainya. Jadi hanya sebagai metode pelengkap dalam produksi anti korosi.

Alat

Alat penghilang karat terutama menggunakan sikat kawat dan alat lainnya untuk menggosok permukaan pipa boiler bertekanan tinggi. Dapat menghilangkan kulit oksida yang kendur atau bengkok, karat, terak las, dan sebagainya.

Alat manual dapat mencapai level SA2, alat listrik dapat mencapai level SA3. Jika kerak oksida besi dipasang ke permukaan, itu tidak dapat mencapai kedalaman jangkar yang dibutuhkan oleh konstruksi anti korosi.

Pembersih Asam

Pipa boiler bertekanan tinggi umumnya mengadopsi metode kimia dan elektrolitik untuk melakukan perawatan pengawetan.

Semprot Penghilang Karat

Semprot penghilang karat tidak hanya menghilangkan karat, oksida dan kotoran sepenuhnya, tetapi juga pipa boiler bertekanan tinggi dapat mencapai kekasaran seragam yang diperlukan di bawah aksi benturan abrasif dan gaya gesekan.

Semprot penghilang karat tidak hanya memperluas adsorpsi fisik pada permukaan pipa bertekanan tinggi, tetapi juga meningkatkan adhesi mekanis antara lapisan anti korosi dan permukaan pipa.

Jadi penghilang karat dengan semprotan adalah metode yang ideal untuk menghilangkan karat untuk korosi pipa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.