Prinsip Kerja ELCB ( Earth Leakage Circuit Breaker )

Diposting pada

Sejarah ELCB

ELCB pada awal penemuannya merupakan perangkat pendeteksi tegangan, pada kemajuannya ELCB juga merupakan perangkat pendeteksi arus (RCD / RCCB). Jadi secara umum perangkat deteksi arus disebut RCCB dan perangkat pendeteksi tegangan disebut ELCB.

Hampir 60 tahun ELCB dibuat untuk pertama kalinya, yang menggabungkan deteksi arus dan tegangan. Produsen pembuat ELCB misalnya: Fuji Electric, Major Tech, V Guard, MEM, Siemens, Terasaki, ABB, Orion Italia, Avera T&D, Telemecanique, Crabtree dan Camso.

Apa itu ELCB ?

Prinsip Kerja ELCB
ELCB

ELCB adalah salah satu perangkat pengaman listrik yang berimpedansi tinggi untuk menghindari kejutan listrik. Perangkat ELCB mendeteksi tegangan antara phase dan grounding / bodi peralatan listrik. Jadi tujuan utama secara umum adalah sebagai pengaman peralatan untuk manusia atau pengguna dari sengatan listrik.

ELCB adalah jenis khusus dari relay latching yang memiliki daya utama masuk dari rangkaian pemutus yang dapat memutuskan daya ketika daya dalam kondisi tidak aman. Misalnya pengguna atau manusia tidak sengaja menyentuh phase listrik, dengan otomatis ELCB akan memutus tegangan keluar, ini terjadi karena ada bagian pendeteksi tegangan antara phase dengan bumi / ground.

Cara Memasang ELCB

Prinsip Kerja ELCB Cara Memasang
Cara Memasang ELCB

Pertama, hubungkan phase dan netral ke input tegangan / sumber daya, kedua hubungkan output ELCB phase dan netral ke instalasi atau pengaman lanjutan pembagi daya seperti MCB.

Untuk pemasangan di instalasi rumah, masukkan phase ke input ELCB pertama dan netral ke input ELCB kedua, kemudian output pertama ke phase instalasi lanjutan , sementara netral ke terminal netral instalasi.

Prinsip Kerja ELCB dan Jenis

Ada dua jenis ELCB, yaitu:

  1. ELCB dengan pengoperasian tegangan.
  2. ELCB dengan pengoperasian arus.

Penjelasan jenis-jenis ELCB, sebagai berikut

ELCB dengan pengoperasian tegangan

Prinsip Kerja ELCB Pengoperasian Tegangan

ELCB dengan pengoperasian tegangan

Jenis prinsip kerja ELCB dengan pengoperasian tegangan digunakan untuk mendeteksi tegangan bocor ke grounding / arde / bunmi. Ada 6 bagian terminal pada ELCB ini, yaitu: tegangan masuk, tegangan keluar, netral masuk, netral keluar, ground dan Fault.

Bodi metal pada load dihubungkan dengan terminal fault dan terminal ground dihubungkan ke bumi / tanah. Prinsip kerjanya adalah: tegangan yang melewati lilitan / kumparan adalah “0”, karena bagian load terpisah dengan jalur suplai. Pada saat fault terjadi pada beban karena interaksi phase ke bodi, maka arus akan mengalir melalui fault earth. Aliran arus akan membuat tegangan melewati lilitan yang dihubungkan antara Eart dan Fault.

ELCB dengan pengoperasian tegangan mendeteksi perubahan beda potensial antara p[hase dan elektroda ke bumi. Bekerja di sekitar tegangan 50V untuk memtutus / memisahkan input ke instalasi.

ELCB dengan Pengoperasian Arus

ELCB dengan pengoperasian arus

ELCB dengan pengoperasian arus

Prinsip kerja ELCB ini terdiri dari 3 lilitan transformator, yaitu dua lilitan primer dan satu lilitan sekunder. Bagian netral berfungsi sebagai lilitan utama. Nilai arus pada lilitan minor adalah “0” dalam kondisi stabil.

Dalam kondisi stabil, fluks arus yang mengalir di phase akan dinonaktifkan oleh arus melalui bagian netral, sementara arus yang mengalir di phase akan dikembalikan ke netral.

Ketika fault terjadi, ada sedikit arus yang juga mengalir ke ground. Hal ini membuat perbedaan antara phase dan netral dan akan menciptakan medan magnet menjadi tidak stabil. Ini menyebabkan arus melalui lilitan minor yang dihubungkan dengan rangkaian pendeteksi. Kemudian akan mendeteksi arus yang keluar dan sinyal langsung ke system akan terputus.

Loading...
loading...
Baca Juga :  Berbagai Jenis Motor Listrik Dan Penggunaannya
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.