Beranda » Pengukuran » Radar Level Transmitter

Radar Level Transmitter

Pengertian Radar

Radar Level Transmitter ~ Radar adalah kependekan dari Radio Detection and Ranging, salah satu perangkat navigasi ini merupakan alat yang dapat mendeteksi keberadaan benda yang jauh dengan menerapkan pantulan gelombang elektromagnetik yang dipancarkan dari perangkat itu sendiri.

Sejarah Radar

Pada masa perang dunia kedua Inggris melakukan pengembangan radar, guna mengantisipasi nkemungkinan serangan bom dari Jerman.

Sebelumnya, radar digunakan untuk keperluan militer dan prakiraan cuaca. Pada perkembangan di masa kini prinsip radar digunakan di dunia industri juga.

Penerapan Radar Sebagai Pengukur Ketinggian

Radar level Transmitter menggunakan gelombang radio atau elektromagnetik dengan frekuensi sangat tinggi dalam rentang Gigahertz (GHz).

Radar Level Transmitter

Jenis Radar Level Transmitter

Radar Level Transmitter Terpandu

Menggunakan prinsip ‘time of flight’. Jenis ini terdiri dari perangkat / rangkaian elektronik yang ditempatkan di dalam satu kemasan yaitu terdiri dari probe untuk memancarkan gelombang radio ke dalam media proses.

Baca Juga :  Jenis level sensor

Gelombang elektromagnetik berfrekuensi rendah sebesar 1 GHz dari rangkaian elektronik dipancarkan oleh probe ke arah / ke arah media proses dengan kecepatan cahaya dan gelombang parsial kembali dipantulkan ke sirkuit sensor sebagai penerima / receiver.

Intensitas refleksi tergantung pada nilai konstanta dielektrik media. Elektronik pengontrol menghitung waktu jeda antara sinyal yang dipancarkan dan dipantulkan dan menghitung jarak permukaan media proses menggunakan rumus –

Jarak = (Kecepatan cahaya x waktu tunda) / 2
Level = (Tinggi tangki – Jarak)

Radar level transmitter diprogram dengan ketinggian tangki dan level yang sesuai dihitung oleh sebuah mikroprosesor.
Prinsip ini juga digunakan untuk pengukuran level permukaan cairan, hanya ketika media lapisan atas memiliki dielektrik rendah dan perbedaan antara dua konstanta dielektrik adalah> 10.

Baca Juga :  Perhitungan Differential Level Transmitter Difragma Seal

Gelombang elektromagnetik lanjutan setelah refleksi pertama terus memancar ke bawah probe melalui media dielektrik rendah dan kembali dipantulkan. Sinyal pantulan kedua menentukan level antarmuka.

Keuntungan Model Terpadu

  • Dapat mengukur level cairan, slurry, pasta, permukaan cair & benda padat yang akurat & andal.
  • Sesuai untuk media konstan dielektrik rendah.
  • Tidak terpengaruh oleh turbulensi cairan, perubahan kepadatan, konstanta dielektrik, konduktivitas, gelembung, debu, suhu & tekanan.
  • Perawatan minimal karena tidak ada bagian yang bergerak.

Radar Transmitter Non-kontak

Prinsip ini menggunakan sinyal gelombang mikro frekuensi tinggi 26 GHz yang dipancarkan melalui antena menuju permukaan media produk. Frekuensinya meningkat secara linier selama pengukuran.

Sinyal yang dipancarkan kemudian dipantulkan kembali ke antena dari permukaan media proses dan diterima pada frekuensi waktu jeda.

Baca Juga :  Sounding Tangki Kapal

Perbedaan waktu jeda tersebut dihitung dari frekuensi pemancaran aktual dan frekuensi yang diterima yang berbanding lurus dengan jarak permukaan cairan dari antena.

Frekuensi radar transmitter radar non-kontak mempengaruhi kinerja pemancar level. Frekuensi yang lebih rendah meningkatkan lebar pancaran dan mengurangi kepekaan karena uap, gelembung, dan penghalang pada antena.

Dengan frekuensi yang lebih tinggi, lebar sudut pancar menyempit yang meminimalkan pengaruh bagian dalam nosel, dinding, dan tangki.

Keuntungan

  • Cocok untuk cairan, padatan & butiran
  • Performa andal dengan akurasi tinggi hingga 1mm
  • Pilihan rod antena, klakson, drop, atau parabola yang disegel agar sesuai dengan aplikasi
  • Tidak terpengaruh oleh turbulensi cairan, perubahan kepadatan, konstanta dielektrik, konduktivitas, gelembung, debu, suhu & tekanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.