Beranda » Mekanik » Valve » Mengenal apa itu Relief Valve, pembahasan dan penjelasan

Mengenal apa itu Relief Valve, pembahasan dan penjelasan

Pengertian Relief Valve

Relief valve yang juga biasa disebut Bypass Valve adalah salah satu jenis valve yang berfungsi untuk mengontrol atau membatasi tekanan dengan cara mengarahkan /mengalihkan aliran kedalam jalur tambahan yang jauh dari jalur aliran utama.

Batas tekanan yang bekerja pada Valve ini dapat diatur sesuai keinginan di sesuaikan dengan kebutuhan tekanan kerja pada jalur /instalasi output selanjutnya.

Cara kerja Relief Valve

Cara kerja dari Relief Valve adalah : Jika tekanan yang memasuki input Valve melebihi batas tekanan yang telah disesuaikan dalam Valve tersebut maka valve akan membuka paksa jalur alternative / pilihan / jalur buang untuk mengalihkan tekanan tersebut.

Secara umum, Valve ini digunakan sebagai tindakan pertama untuk pengaman tekanan sesuai batasannya (setting operasi maksimum yang ditentukan) .

Macam Relief Valve dari cara penempatannya

Valve ini dapat di pasang di dalam sistem (internal bypass) maupun diluar sistem (eksternal), mari kita bahas satu persatu:

1. Relief valve yang di pasang di dalam sistem (internal system bypass).

Valve Bypass Internal

Valve Bypass Internal

Pada intinya adalah bypass antara jalur outlet dan jalur inlet, mengembalikan tekanan outlet kembali ke inlet yang berbeda ruang / sekat pada sebuah pompa.

Pada saat debit cairan mengisi cup dan tekanan pada discharge (outlet) mengalami peningkatan tekanan, maka akan menjadi tekanan bagi seal hingga memungkinkan cairan bergerak melalui jalur ke arah inlet pompa. Hal ini semacam menekan kekuatan pegas yang pengaturan-nya dengan memutar sekrup pegas sebagai pengatur tekanan relief yang dibutuhkan.

Relief valve Bypass Pump

Valve Bypass Pump

Ketika bypass tetap terbuka dan cairan di-resirkulasi dalam beberapa lama , energi gerakan cairan (fluida) dan gesekan fluida akan menyebabkan peningkatan suhu cairan. Dan kita harus menyadari bahwa ketika suhu fluida dalam sistem tidak melebihi nilai yang direkomendasikan, kondisi bypass dapat membuat kenaikan suhu yang cukup untuk menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam pompa. Jadi perlu perhatian dalam menggunakan bypass / Valve internal.

2. Relief valve yang di pasang di luar sistem (external system bypass).

Relief Valve Bypass External

Valve Bypass External

Valve atau bypass relief di rancang dengan memasang valve dalam sistem, pada prinsipnya sama dengan Valve yang di pasang di dalam sistem (internal system bypass), namun valve dipasang diluar pompa di sepanjang instalasi pipa dan biasanya berada di dekat outlet pompa atau hulu dari katup lain dalam sistem.

Karakteristik Relief Valve

Karakteristik Relief valve

Karakteristik Relief valve

  • Closed bypass (bypass tertutup) adalah ketika valve dalam posisi tertutup.
  • Cracking pressure adalah tekanan dimana fluida mulai mengalir melalui valve pembuangan.
  • Full Flow Bypass Pressure adalah tekanan fluida ketika aliran maksimum melewati valve dan bypass.
  • Reseating Pressure adalah tekanan fluida ketika valve benar-benar tertutup.
Baca Juga :  Prinsip Kontrol Pneumatik, Rangkaian dan Komponen

Pengaturan Relief Valve

Relief Valve harus diatur untuk membuka pada tekanan diatas tekanan operasi. Hal ini akan memberikan keamanan pada sistem yang dirancang. Perawatan harus dilakukan ketika menentukan tekanan sistem maksimum.

Sebaiknya gunakan komponen dengan rating tekanan terendah sebagai panduan untuk menetapkan batas.

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

8 tanggapan pada “Mengenal apa itu Relief Valve, pembahasan dan penjelasan”

  1. Zanofan

    thank info blog nya pak,
    Saya ingin menginformasikan jika ingin memesan spare part HIDROULIC & PNEUMATIC bisa hubungi kami pak, kami siap membantu, berikut alamat jl.hayam wuruk Gajah mada mangga 2, gedung LTC glodok lt,GF2 blok 17 no 5 HOLY TECHNIK. Thank

  2. bernadi kuswara

    Klo mau beli relief valve tersebut dimana ya? mohon info dan penawannya, bisa diemail ke bernadikuswara@gmail.com. Saya ingin menjaga pipa air air saya aga tidak mudah bocor, pompa yg kami gunakan Ebara type 100×80 FS2HCA 555 tipe End Suction Volute Pump dg kapasitas 180m3/jam. Terima kasih

  3. wirnalis

    Terima kasih infonya …..buku pedoman yang bagus dipakai..

  4. Jong sutrisno

    jika diesel yang di gunakan 500 bhp dan di ganti dengan 700 bhp
    apakah relife valve harus di ganti

    1. BPH barrels per hour, itu meter pengukuran untuk konsumsi bahan bakar. Sementara relief valve untuk membatasi tekanan yang disesuaikan dengan kebutuhan perangkat. Masalah flow yang melewatinya tidak terbatas tentu dengan aturan yang disetting pada relief valve, sementara kebutuhan perangkat berapapun kebutuhan flownya bisa berubah, dan kemampuan tekanannya harus tetap konstan, tidak lebih dan tidak kurang.
      Menurut saya tidak perlu penggantian, selama relief valve masih mampu mengalirkan dalam range jumlah kebutuhan perangkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.