Standar Teknis Pengukuran Internasional

Diposting pada
Standar Teknis Pengukuran Internasional

Standar Teknis Pengukuran Internasional

Standar teknis pengukuran internasional muncul karena banyaknya lembaga maupun organisasi di dunia di bidang teknis, masing-masing mengeluarkan standar yang hingga kini masih digunakan sebagai acuan dasar umum.

Beberapa standar yang masih digunakan hingga saat ini, akan kita bahas satu persatu dibawah ini.

AISI

Standar Teknis Pengukuran Internasional AISI
Logo AISI

AISI kependekan dari American Iron and Steel Institute, yang merupakan asosiasi produsen baja Amerika utara. Cikal bakal AISI dimulai pada tahun 1855 dan merupakan asosiasi perdagangan tertua di Amerika Serikat.

Pada tahun 1908 terbentuk organisasi secara nyata dengan presiden pertamanya adalah Elbert H. Gary, yang juga sebagai ketua United Steel Corporation.

Pergerakan AISI penting dalam rangka merespon kebutuhan agen koperasi di industry baja dan besi untuk mengumpulkan dan menyebarluaskan informasi dan statistic. Melakukan penyelidikan, menyediakan forum diskusi dan memajukan kepentingan industry.

ASTM

Standar Teknis Pengukuran Internasional ASTM
Logo ASTM

ASTM kependekan dari American Society for Testing and Materials, merupakan organisasi internasional yang mengembangkan dan menerbitkan standar teknis berbagai bahan material, produk, system dan layanan.

Standar Teknis Pengukuran Internasional ini hingga 2001, sudah menerbitkan sekitar 12.575 standar consensus ASTM yang digunakan secara global.

Kantor pusat ASTM berada di West Conshohocken, Pennyylvania, sekitar 8 kilometer barat laut Philadelphia.

Organisasi ini didirikan pada tahun 1898 yang merupaka bagian dari International Association for Testing and Materials.

DIN

Standar Teknis Pengukuran Internasional DIN
Logo DIN

Kepanjangan dari DIN adalah Deutsches Institute fur Normung, atau bila dalam bahasa inggris adalah German Institute for Standardization. Yang merupakan anggota ISO Negara Jerman.

DIN adalah Registered German Association (eV) yang berkantor di Berlin. DIN telah mengeluarkan hingga tiga puluhan ribu standar yang mencakup hingga setiap bidang teknologi.

DIN didirikan tahun 1917 menggunakan nama awal yaitu Normenausschuß der deutschen Industrie (NADI, “Standardisation Committee of German Industry”). Kemudian diubah menjadi Deutscher Normenausschuß (DNA, “German Standardisation Committee”) pada tahun 1926.

Perubahan nama pada saat itu sebagai pernyataan bahwa DIN mencakup lebih banyak bidang, bukan hanya di seputar bidang industri.

Pada tahun 1975, namanya diubah lagi menjadi Deutsches Institute fur Normung dan diakui oleh pemerintah Jerman sebagai badan standar nasional resmi dan mewakili Jerman di tingkat internasional dan Eropa.

BS

Standar Teknis Pengukuran Internasional BS
Logo BS

BS merupakan standar dari Negara Inggris, mkepanjangan BS adalah British Standards. Standar ini dikeluarkan oleh Group BSI yang didirikan dibawah Royal Charter (dan ditetapkan secara resmi sebagai National Standard Body (NSB) di Negara Inggris).

Group BSI mengeluarkan BS dibawah wewenang Charter, yang ditetapkan sebagai salah satu tujuan BSI. Produk serta layanan dengan sertifikasi BSI telah memenuhi persyaratan standar khusus dengan skema yang ditunjuk dengan kitemark.

ANSI

Standar Teknis Pengukuran Internasional ANSI
Logo ANSI

American National Standard Institute adalah kepanjangan dari ANSI. ANSi merupakan organisasi nirlaba swasta yang mengawasi pengembangan standar consensus sukarela untuk produk, layanan, proses, system, dan personel di Amerika Serikat.

ANSI juga mengoordinasikan standar AS dengan standar internasional sehingga produk-produk Amerika dapat digunakan di seluruh dunia.

ANSI mengakreditasi standar yang dikembangkan oleh perwakilan dari organisasi standar yang berbeda, lembaga pemerintah. Kelompok konsumen, perusahaan dll. Standar yang dikeluarkan untuk memastikan bahwa karakteristik dan konsistensi kinerja yang digunakan memiliki definisi dan ketentuan yang sama.

ANSI juga mengakreditasi organisasi untuk melakukan sertifikasi produk atau personel sesui dengan persyaratan yang telah ditetapkan dalam standar internasional.

JIS

Standar Teknis Pengukuran Internasional JIS
Logo JIS

JIS = Japanese International Standards / Nippon Kogyo Kikaku, menetapkan standar yang dipakai di industry Negara Jepang. Proses standarisasi dilakukan oleh Japanese Standard Committee  dan Japan Standard Association.

AFNOR

Standar Teknis Pengukuran Internasional AFNOR
Logo AFNOR

Kependekan dari Association Francaise de Normalisation, adalah organisasi nasional Perancis untuk standarisasi dan organisasi bagi anggota standarisasi.

AFNOR mengembangkan kegiatan standar internasional, penyediaan informasi, sertifikasi dan pelatihan melalui jaringan mitra utama di Perancis yang merupakan anggota asosiasi.

AS

Standar Teknis Pengukuran Internasional AS
Logo AS

AS atau Australian Standards, didiri9ka pada tahun 1922 dan diakui melalui Memorandum of Understanding dengan pemerintah Australia sebagai badan pengembangan standar non-pemerintah tertinggi di Australia.

Standar AS mengembangkan selaras dengan standar internasional dan berpartisipasi dalam kegiatan yang memberikan manfaat bagi bangsa.

Australian Standards dan New Zealand Standard bekerjasama dalam pengembangan standar bersama (AS / NZS). Australian Standard juga merupakan sponsor utama dari Australian International Design Awards.

ASME

Standar Teknis Pengukuran Internasional ASME
Logo ASME

ASME yaitu American Society of Mechanical Engineers, adalah asosiasi professional yang memiliki kegiatan dalam promosi seni, sains, praktek rekayasa multi disiplin dan ilmu-ilmu yang ada di seluruh dunia. Melalui pendidikan berkelanjutan, pelatihan dan pengembangan professional, kode dan standar, penelitian, konferensi dan pblikasi, hubungan pemerintah, dll.

ASME memiliki lebih dari 140.000 anggota dari 158 negara di dunia.

Standar Teknis Pengukuran Internasional

Loading...
loading...
Baca Juga :  Standar Peraturan Instalasi Listrik Puil 2000
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.