Teknisi Elektronika Industri

Diposting pada

Teknisi Elektronika Industri ~ Elektronika Industri adalah bidang elektronika untuk pengembangan, pemasangan, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan sistem kelistrikkan dan elektronika di fasilitas industri.

Dalam bidang elektronika industri dibutuhkan kemampuan teknisi-teknisi yang memiliki kapabilitas dan persyaratan dasar untuk mendukung dalam perawatan dan pemeliharaan.

Teknisi Elektronika Industri

Kemampuan Teknisi Elektronika Industri

Beberapa hal yang termasuk dalam pengetahuan dasar teknisi elektronika industri antara lain adalah:

  1. Pengetahuan tentang teori listrik dan elektronika dasar.
  2. Penerapan prosedur keselamatan yang tepat.
  3. Kemampuan dalam merakit, menguji, menganalisa dan memecahkan masalah pada rangkaian yang terdiri dari rangkaian komponen-komponen yang dihubungkan dengan kabel sebagai catu daya, amplifier, pengontrol motorSCR-TRIAC dan osilator.
  4. Mampu menemukan dan menganalisa perangkatsemikonduktor pengganti menggunakan standar data dan sumber referensi lain.
  5. Mampu melakukan perhitungan, prediksi, pengukuran dan sketsa rangkaian yang tepat serta analisis rangkaian listrik dan elektronika.
  6. Memiliki dasar dalam menggunakan analisis fesor dan vector dalam menganalisa rangkaian arus bolak balik.
  7. Mengonfigurasi PLC, menulis program dengan menggunakan I/O diskrit dan analog, beserta pengembangannya dalam proyek.
  8. Pemahaman terminal yang dapat deprogram serta perangkat lunak Human Machine Interface (HMI).
  9. Menguasai berbagai topik listrik, termasuk teori AC, reaktansi induktif dan kapasitif, resonansi, impedansi, transformator, metode pembangkit listrik dan kabel listrik dasar.
  10. Kemampuan memasang, menganalisa, dan mengatasi masalah rangkaian digital, misalnya rangkaian encoder-dekoder ,tampilan digital, multiplexer-demultiplexer, counter dan register.
  11. Kemampuan merangkai beberapa rangkaian logika yang berbeda dengan perangkat lainnya berdasarkan parameter listrik / elektronikanya.
  12. Kemampuan mengidentifikasi symbol gerbang logika umum dan menghubungkan rangkaian aktualnya untuk pengujian dan analisa serta mengatasi gerbang logika hingga tingkat komponen.
Loading...
loading...
Baca Juga :  Tips Hemat Listrik di Dapur
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.