Teknologi Masa Depan tercipta dari Imajinasi

Diposting pada
Teknologi masa depan itu bukan hanya sekedar mimpi, dari hasil imajinasi para pembuat cerita fiktif sejak masa lalu hingga masa sekarang.
Saya ingat cerita Anor di sebuah majalah sekolah pada waktu dulu, kalau tidak salah di majalah POP keluaran Suara Merdeka Semarang.
Disana diceritakan kehidupan di dimensi lain, munculnya peralatan canggih yang memiliki teknologi di luar nalar manusia, ditambah binatang-binatang yang hidup dengan ukuran yang tidak layak, seperti kecapung yang bisa dinaiki oleh manusia.
Satelit Teknologi Masa Depan
Satelit Teknologi Masa Depan

Teknologi Masa Depan tercipta dari Imajinasi

Baca juga artikel tentang teknologi: Teknologi sensing tekanan (pressure sensing)
Itu hanya salah satu cerita fiksi dalam sebuah komik bersambung, banyak lagi contoh yang di sajikan dalam cerita lain dan bahkan divisualisasikan dengan film , film masih dalam kategori film fiksi.
Perang di antariksa misalnya, akan kita lihat betapa luar biasa teknologi yang digunakan, seolah kita telah hidup di jaman masa depan itu.
Apakah imajinasi para pembuat komik dan para skenario film itu akan terwujud di masa depan?
Tentunya menjadi pertanyaan besar bagi kita, karena teknologi yang ditampilkan terlihat tidak masuk akal.
Menembus dimensi lain dengan sebuah mesin atau pesawat ke satu dimensi ke dimensi yang berbeda, secara mendasar, dasar ilmu apa yang akan kita pakai untuk menciptakan teknologi itu?
Menembus jaman dan waktu yang berbeda, dengan sebuah alat teknologi canggih masa depan itu kita bisa melihat kehidupan pada jaman batu, pada jaman megalitikum bahkan mungkin bisa melihat proses terjadinya bumi.
Menjadi sebuah perdebatan yang panjang jika kita membahas teknologi masa depan yang kadang tidak mungkin itu tercipta karena hal itu adalah hanya karya fiksi dari para penulis untuk menarik simpati sekaligus promosi.

Jadi apakah teknologi masa depan itu hanya sekedar mimpi ?

Mungkin saja iya dan sebagian sudah terbukti hal itu menjadi kenyataan, jika kita kembali ke masa lalu dimana belum munculnya teknologi yang sehari-hari kita gunakan sekarang ini, apakah saat itu kita percaya manusia bisa mengendalikan sebuah sistem dari jarak yang luar biasa jauh?
Tentu pada masa itu adalah hal yang mustahil kita bisa mengendalikan sistem dari jarak jauh. Namun kenyataannya di jaman sekarang itu adalah hal yang sudah biasa kita lakukan.
Contoh sederhana adalah remote kontrol TV, contoh yang kompleks adalah teknologi pengendalian satelit di luar angkasa dari stasiun bumi.
Perkembangan di berbagai bidang keilmuan semakin mempertegas bahwa teknologi masa depan yang awalnya adalah kemustahilan menjadi kemungkinan tercipta.
Artinya kita sebagai penghuni bumi memang harus siap sedia menghadapi perubahan teknologi yang terus berkembang ini, sesuatu mustahil diciptakan dari para pembuat cerita fiksi bisa saja kita temui di masa mendatang, jika kita belum menikmati , mungkin saja anak cucu kita kelak.
Coba anda bayangkan naik mobil terbang ke tempat kantor dan langsung parkir persis di samping meja kerja anda, jika bepergian jauh kita bisa menggunakan angkutan umum seperti piring terbang, atau bahkan jika kita akan menengok masa lalu kita cukup membayar beberapa rupiah menggunakan mesin menembus dimensi waktu.
Mungkin kita cukup makan satu butir pil untuk stamina kita dalam satu minggu atau beberapa bulan kedepan, mendapatkan informasi yang selalu update tentang kondisi kesehatan kita dan memberi solusi jika stamina menurun.

Itulah teknologi yang terus berkembang, yang lambat laun akan membuktikan apa yang hari ini kita sebut Teknologi Masa Depan yang ternyata semua adalah hasil imajinasi pada jaman sekarang.

Mungkinkah itu?
Baca yang ini :
Loading...
loading...
Baca Juga :  Laptop Gaming 6 Jutaan Dengan Spesifikasi Terbaik Di Tahun 2017
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.