Tentang PMIC (Power Management Integrated Circuit) Dalam Berbagai Desain

Diposting pada

Apa Itu PMIC?

Tentang PMIC adalah sebuah IC yang berfungsi sebagai pengatur daya pada sebuah rangkaian / perangkat, terutama pada perangkat yang menggunakan baterai sebagai sumber dayanya. Seperti pada ponsel, smartwatch, kamer, dll.

Fungsi Dasar PMIC

Beberapa fungsi PMIC antara lain:

  • Konversi DC ke DC,
  • Pengisian baterai,
  • Pemilihan sumber daya,
  • Penskalaan tegangan,
  • Power sequencing,
  • Dll.
Baca Juga :  Sejarah Penemuan Televisi

Perkembangan teknologi melalui riset dan penemuan, mampu membuat PMIC dengan bentuk fisik yang kecil, meskipun tuntutan teknologi memaksa komponen ini menjadi semakin kompleks dalam fungsi dan pemakaian.

5 Hal Tentang PMIC

5 hal tentang PMIC akan kita bahas dibawah ini.

1. Pengoptimalan PMIC untuk ADAS

Pengoptimalan PMIC untuk ADAS

ADAS adalah kependekan dari Advanced Driver Assistance System, merupakan teknologi untuk kendaraan yang dirancang menggunakan rangkaian sistem bantuan pengemudi canggih. Misalnya sistem peringatan dini, pengaktifan pengereman darurat, menghindari tabrakan dan atau mengurangi resiko tabrakan.

STMicroelectronic memproduksi PMIC tipe L5965, yang mampu memasok daya pada seluruh sistem ADAS berbasis kamera atau radar. Chip L5965 ini terdiri dari sensor, memori, prosesor dan koneksi CAN (Controller Area Network). Menggunakan sel program OTP (One Time Programmable) untuk mengatur tegangan output.

Penggunaan OTP memungkinkan penggunaan resistor pengatur tegangan, karena regulator di dalam chip sendiri dapat digunakan tanpa kompensasi dari komponen eksternal. Sehingga PMIC ini menjadi fleksibel untuk berbagai penggunaan pada ADAS.

Produk L5965 ini mampu digunakan langsung dari baterai tanpa tambahan pra-regulator. Fungsi keselamatan dirancang memenuhi standar ISO 26262, sesuai dengan ASIL (Automotive Safety Integrity Level)

2. PMIC Sebagai Penguat Prosesor

PMIC Sebagai Penguat Prosesor

Produk PMIC dari ROHM Semiconductor, yaitu tipe BD71847AMWV dengan kemampuan desain multimedia seperti interface suara dan streaming video. Chip daya inimenyatukan semua rel daya serta kebutuhan listrik pada DDR dan sistem I/O.

Terdiri dari 6 konverter buck DC/DC, enam LDO (Low Drop Out), sakelar listrik 1,8 V /3,3 V untuk card SDXC, Kristal 32 kHz, dan output buffered jam. Konfigurasi ini memungkinkan PMIC memiliki pemantauan yang lebih luas, perlindungan rangkaian, dan logika kontrol status daya.

PMH ROHM menggabungkan kemampuan program ke dalam sequencer kontrol daya dan semua rel daya, lebih ke kontrol dan menejemen daya yang fleksibel. Menciptakan efisiensi hingga 95%.

Parameter tegangan output, perubahan status daya dan reset dapat dikonfigurasi menggunakan OTP. Mengurangi jumlah komponen eksternal hingga 42%.

3. PMIC untuk FPGA Daya Rendah

Mengenai PMIC Untuk FPGA Daya Rendah

PMX MxL7704 dari PML MaxLinier dirancang khusus untuk FPGA daya rendah, DSP dan mikroprosesor, ditargetkan untuk perangkat IoT (Internet of Think), sistem kontrol industri, peralatan uji dan pengukuran.

Terdiri dari 4 regulator step down buck, memori, I/O dan daya dari 1,5 A hingga 4 A. Dilengkapi dengan regulator LDO 100 mA dengan tegangan 1,5 V hingga 3,6 V.

MxL7704-A dirancang untuk memberikan daya pada prosesor berbasis Arm Cortex seperti A7, A9, dan A53, menyediakan tegangan 1,2 V untuk core, tegangan 1,35 Vuntuk memoriLPDDR3, tegangan 1,8 V dan 3,3V untuk I/O serta daya sistem.

4. Tentang PMIC Sebagai Menejemen Daya untuk IoT

Sebagai Menejemen Daya untuk IoT

Chip IoT mempunyai batasan menejemen daya yang harus selalu aktif secara lebih efisien,terutama pada penggunaan proyek rumah pintardan gadget dengan menggunakan daya yang sangat rendah.

DA9070 dan DA9073 produk dari Dialog Semiconductor merupakan chip yang dapat memperpanjang masa hidup baterai, kebutuhan kurang dari 1 mikroAmpere pada masing masing regulator step-down, daya akan selalu ON pada sistem.

PMIC ini manggabungkan semua fungsi menejemen daya untuk menciptakan solusi menejemen daya all in one, sertamengurangi bentuk fisik hingga 25%.

5. PMIC Memperpanjang Runtime

Tentang PMIC Memperpanjang Runtime

Yaitu produk Maxim Integrated, MAX20345 dioptimalkan untuk mendeteksi detak jantung yang sangat akurat, mendeteksi oksigen pada darah dan pengukuran optic lainnya.

Faktor biologis dapat mempengaruhi penginderaan optic, sehingga dibutuhkan tradeoff untuk SNR (Signal to Noise Rasio) pada pergelangan tangan karena getaran amplitude yang tinggi. MAX20345 bekrja dengan arus diam rendah tanpamenurunkan SNR, sehingga dapat meningkatkan kinerja SNRhingga 7 dB.

Terdiri dari pengisi daya baterai lithium-ion, enam regulator tegangan, tiga tenaga nano (900 nA) dan tiga regulator LDO. Buck-boost mendukung penskalaan tegangan dinamis / DVS (Dinamic Voltage Scale)untuk penghematan daya tambahan ketika tegangan yang lebih rendah dapat digunakan.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.